Ini Alasan Pria Korea Selatan Gemar Pakai Makeup

Ini Alasan Pria Korea Selatan Gemar Pakai Makeup

Merias wajah menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan para wanita. Tujuannya untuk membuat wajah mereka terlihat lebih segar, menarik dan cantik. Namun di Korea Selatan, para pria termasuk idola Kpop juga merias diri mereka dengan memulaskan BB cream atau mengenakan eyeshadow dan eyeliner. Apa alasannya?

Hyoung Jun Rim, seorang produser musik sekaligus dosen musik di Korea Art Conservatory mengatakan, tak hanya para idola Kpop pria saja yang berdandan saat tampil di atas panggung. Para pria di Korea pun mengenakan makeup untuk beraktivitas sehari-hari. Hal itu berpengaruh terhadap penampilan mereka untuk bisa mendapatkan pekerjaan.
Foto: SM Entertainment.

Karena di sana, perusahaan sangat ‘terobsesi’ dengan penampilan dari calon karyawannya. Setiap lamaran kerja membutuhkan banyak persyaratan, bahkan perusahaan juga memiliki seseorang yang bisa membaca wajah untuk menentukan apakah pelamar tersebut cocok untuk diterima di perusahaan mereka.

“Para pria Korea merasa seolah ada rasa kepuasan terhadap diri sendiri saat berkaca dan melihat penampilan mereka yang menarik, termasuk juga menarik lawan jenis,” tutur Hyoung Jun seperti dikutip dari Omona They Didn’t.
Foto: InStyle Korea.

Singkatnya, seperti ada suatu keinginan dari para Korea Selatan untuk terlihat menarik di mata para wanita dengan menggunakan makeup. Meskipun ada sebagian pria yang beranggapan bahwa pria yang berdandan memiliki sifat kewanitaan dan menyukai sesama jenis.

Maka tak heran, di Korea semakin banyak brand kosmetik yang menawarkan skincare serta makeup khusus pria. Mulai dari satu set perawatan wajah, BB cream, shaving cream, hingga lip balm.

Para selebriti pria pun menjadi panutan mereka dalam merias diri dan brand kosmetik menjadikan mereka sebagai brand ambassador-nya. Sebut saja penyanyi G-dragon yang pernah menjadi brand ambassador kosmetik The Saem dan Song Joong Ki yang menjadi ikon kosmetik Forencos.