Kesalahan Merawat Wajah di Pagi Hari yang Bisa Merusak Kulit

Kesalahan Merawat Wajah di Pagi Hari yang Bisa Merusak Kulit

Merawat wajah ada aturannya. Terlebih lagi di pagi hari. Sebab, ketika salah merawat kulit wajah ketika memulai hari, maka wajah justru bisa bermasalah. Apa saja kesalahan merawat wajah yang bisa merusak kulit?

1. Membersihkan Wajah Terlalu Berlebihan
Jika wajah termasuk tipe sensitif yang terlalu gampang memerah, tidak disarankan mencuci wajah di pagi hari dengan sabun. Menurut pakar kulit Dr. Gervaise Gerstner, M.D, mencuci wajah dengan sabun di pagi hari hanya akan menghilangkan minyak aktif di wajah.

“Jika kita membersihkan wajah terlalu intens, hanya merusak kulit yang bisa membuat kulit iritasi, terkelupas dan inflamasi,” ujar Dr. Gervaise.

Solusinya adalah lewatkan pembersihan wajah dengan sabun, apalagi scrub dan ganti hanya dengan menggunakan micellar water, cleansing balm, cleansing lotion atau cleansing oil. Malam harinya sebelum tidur, baru disarankan mencuci wajah dengan sabun.

2. Salah Gerakan
Menurut pakar kulit dan ahli facial dari New York, Isabelle Bellis, terkadang Anda salah dalam gerakan mencuci wajah. Kulit setelah dibawa tidur tidak akan kembali ke bentuk semula jika salah gerakan dalam mencuci wajah. Gerakan yang tepat adalah dari hidung, ke arah atas hingga ke arah bawah.

“Gunakan jari-jemari Anda yang telah tertutup dengan sabun wajah, dimulai dari hidung, naik ke dahi, ke bagian mata dan turun ke pipi hingga ke dagu,” ujar Isabelle.

3. Tidak Mengganti Washlap
Jangan sekali-kali mengeringkan wajah dengan handuk untuk tubuh karena hanya mencemarkan bakteri di wajah. Pakailah handuk yang memang hanya dipakai untuk wajah, itupun disarankan untuk menggantinya setiap hari.

“Washlap menjadi basah dan kotor setelah digunakan. Ketika digunakan lagi, sel-sel kulit mati dari bekas sebelumnya akan menumpuk. Itu menjadi sarangnya bakteri,” kata pakar kulit Kelly A. Reynolds, Ph.D.

4. Salah Langkah Dalam Penerapan Produk
Menurut pakar kulit Jennifer MacGregor, M.D, banyak orang yang salah langkah penerapan produk kecantikan kulit. Hasilnya tentu menjadi tidak efektif pada wajah.

Dr. Jennifer memberikan langkah yang tepat: setelah mencuci wajah, gunakan serum, lalu sunscreen, dilanjutkan dengan moisturizer dan terakhir krim mata.