Kulit Berminyak Juga Bisa Dehidrasi, Ini Penyebabnya

Kulit Berminyak Juga Bisa Dehidrasi, Ini Penyebabnya

Dehidrasi kulit merupakan kurangnya kelembapan atau kadar air dalam kulit. Biasanya, pemilik kulit kering lah yang seringkali mengalami dehidrasi. Namun ternyata, kulit berminyak pun juga bisa kekurangan kadar air. Apa penyebabnya?

Dituturkan oleh Noriaki Shiga selalu Vice President dari Rohto Indonesia, gejala dehidrasi kulit adalah timbul garis halus pada kulit. Selain itu, pola makan yang kurang baik serta terlalu banyak mengonsumsi kafein dan kurang tidur juga dapat berpengaruh.

Namun salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah rendahnya kelembaban udara di dalam ruangan serta paparan sinar matahari. Hal itu dapat membuat kulit berminyak menjadi kusam karena kekurangan kadar air.

“Ruangan kantor yang ber-AC memiliki kelembaban udara rendah. Itu yang berakibat buruk pada kulit sehingga menyebabkan dehidrasi. Normalnya suatu ruangan harus memiliki kadar kelembaban udara di atas 60 persen agar sirkulasi udara lancar,” tutur Noriaki pada acara Hada Labo di Locanda Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2016).

Kulit Berminyak Juga Bisa Dehidrasi, Ini PenyebabnyaFoto: Intan Kemala Sari
Ia melanjutkan, kulit yang kering diperlukan pelembab untuk mengembalikan kadar air. Namun masih banyak orang yang belum tahu jika memiliki kulit berminyak bukan berarti Anda tidak membutuhkan pelembab.

Memang secara alami tubuh manusia dapat mempertahankan kelembaban air di dalam kulit dengan bantuan asam hyaluronat atau hyaluronic acid. Namun semakin bertambahnya usia, kandungan tersebut semakin menurun dan kulit lebih cepat dehidrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Noriaki menyarankan pemilik kulit berminyak menggunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronat. Salah satunya ada pada rangkaian Gokujyun Ultimate Moisturizing Series dengan kandungan utama hyaluronic acid serta nano hyaluronic acid yang mampu meresap hingga bagian kulit terdalam.

“Hada Labo punya rangkaian pelembab yang bisa membuat kulit lebih lembab mulai dari sabun cuci muka sampai gel moisturizer. Selain pakai pelembab juga harus banyak minum air putih, makan sayur, olahraga dan lakukan eksfoliasi kulit rutin,” tutup pria yang lancar berbahasa Indonesia itu.