Tips Memakai Makeup Setelah Jerawat ‘Pecah’ Agar Tidak Iritasi

Tips Memakai Makeup Setelah Jerawat ‘Pecah’ Agar Tidak Iritasi

Memencet jerawat memang tidak pernah dianjurkan. Namun kadang kita sering tergoda melakukannya apalagi ketika jerawat sudah ‘matang’. Lalu bagaimana jika Anda harus keluar rumah dan mengaplikasikan makeup sesaat setelah memencet jerawat? Sebaiknya jangan langsung memakai riasan namun rawat dahulu area kulit yang bermasalah itu agar tidak menimbulkan bekas dan jerawat semakin banyak.

Dermatologist Annie Chiu pun memberikan sarannya. Ia sebenarnya menyarankan agar jerawat tidak disentuh apalagi dipencet agar tidak muncul bekas dan bakteri tak menyebar. Tapi jika sudah terlanjur, langsunglah melakukan ‘pertolongan pertama’ dalam beberapa menit ke depan.
Foto: Dok. Getty Images

Dr. Annie menyarankan agar Anda mengambil cotton bud atau handuk bersih yang dibasahi air hangat untuk mengompres jerawat yang dipencet. Hal itu penting dilakukan untuk menghentikan perdarahan dan menyerap sebum. Kemudian bersihkan area bekas jerawat dengan air hangat dan sabun muka berformula ringan.

“Jika kamu punya waktu, gunakan pasta dari aspirin yang dihancurkan dan air kemudian kompres (pada bagian yang berjerawat) untuk mengurangi inflamasi secara cepat hingga membantu mengeringkan,” kata Dr. Annie kepada Style Caster.

Agar bagian berjerawat pulih maksimal, aplikasikan pula obat mata untuk mengurangi tampilan kemerahan dan memudahkan Anda menutupinya dengan alas bedak atau concealer. Jika perlu, Anda juga bisa memakaikan krim penghilang rasa sakit seperti Neosporin dengan tisu bila area terasa nyeri. Selanjutnya kenakan bedak tabur untuk mengunci krim tersebut.

“Kemudian cari makeup brush dengan ujung lancip dan pakaikan concealer waterproof tepat pada bagian (yang berjerawat). Baurkan dengan telunjuk dan akhiri dengan sentuhan bedak tabur untuk mengunci,” kata makeup artist Ashleigh Ciucci.
Foto: Thinkstock

Sayangnya permasalahan kadang tidak berakhir sampai di situ. Saat memakai makeup, wajah sering jadi lebih berminyak. Makeup Anda pun bisa luntur dan bagian berjerawat dapat teriritasi kemudian menimbulkan jerawat lain.

Menurut Ashleigh, Anda pun perlu membawa makeup remover, cotton bud, concealer, dan bedak tabur untuk touch up jika makeup memudar. Setelah pulang dari bepergian, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan maksimal. Jika perlu, rawat bagian yang berjerawat tadi dengan patch atau krim untuk jerawat.