Tips Merawat Kulit dengan Gula Pasir

Tips Merawat Kulit dengan Gula Pasir

Terlalu banyak mengonsumsi gula pasir, baik dalan bentuk makanan maupun minuman bisa berakibat buruk bagi kulit. Gula bisa mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan, karena merusak kolagen dan elastin serta memicu peradangan. Tapi bahan dapur yang memiliki rasa manis ini sebenarnya cukup baik digunakan sebagai perawatan kulit dari luar.

“Kristal gula pinggirannya tidak rata dan bisa mengelupaskan sel kulit mati tanpa merusak sel-sel kulit di bawahnya,” ujar S. Manjula Jegasothy, M.D., seorang dermatologist asal Miami, seperti dikutip dari Women’s Health.

Ini empat kegunaan gula pasir untuk kecantikan kulit (tanpa diminum, ya) yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

1. Mengelupaskan Sel Kulit Mati
Foto: Thinkstock

Anda bisa mencampurkan gula pasir dengan minyak zaitun atau krim wajah yang biasa digunakan, lalu gunakan untuk scrubbing pada wajah. Karena butiran gula cukup kasar, sebaiknya gosok secara perlahan dengan gerakan memutar. Jika kulit sangat sensitif, sebaiknya gunakan produk eksfoliasi yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif.

“Mulai perlahan-lahan satu kali atau dua kami seminggu untuk mencegah kulit iritasi atau memicu alergi,” kata Manjula.

2. Sebagai Masker Wajah
Foto: Thinkstock

Anda bisa membuat masker wajah sendiri dengan gula pasir. Campurkan 1/2 cangkir nanas dan 1/2 cangkir minyak nabati jenis apa saja (minyak kelapa, jojoba, atau zaitun), lalu tambahkan 1,5 cangkir gula ke dalam campuran tersebut. Lumatkan sampai semuanya tercampur dan membentuk seperti pasta. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas.

“Pengelupasan secara mekanis dari butiran gula dikombinasikan dengan pengelupasan kimia dari bromelain (enzim di dalam nanas) akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bercahaya,” ujar Manjula.

3. Scrub Bibir
Foto: thinkstock

Bibir yang kering, pecah-pecah dan terkelupas bisa jadi lebih cantik dengan scrub menggunakan gula pasir. Butiran gula pasir akan mengelupaskan sel kulit mati pada bibir, menghasilkan kulit bibir yang lebih lembut dan mulus. Anda bisa mencampurkan gula pasir dengan petroleum jelly atau lip balm, lalu gosokkan secara lembut dan perlahan pada bibir selama 1-2 menit. Bersihkan dengan lap basah, lalu oleskan lip balm untuk melembapkan bibir.

4. Menghaluskan Kaki
Foto: Thinkstock

Gula pasir tidak hanya bisa digunakan pada wajah tapi juga bagian tubuh lainnya, termasuk kaki. Campurkan gula pasir dengan minyak zaitun, lalu gosok-gosok seperti Anda menggunakan lulur. Anda juga bisa menambahkan gula pasir pada sabun cair dan gunakan pada saat mandi. Butiran gula akan membuat kulit lebih halus. Jangan lupa oleskan body lotion atau body butter setelahnya.